Jumat, 09 Januari 2009

Istilah Dalam Dunia IT

Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering dijumpai baik dalam jaringan komputer maupun komputer secara umum. Mudah-mudahan sedikit penjelasan ini ada manfaatnya bagi teman-teman semua, khususnya bagi pemula.

A

Access Server

Komunikasi-komunikasi procesor yang mengoneksinkan device-device ke sebuah LAN atau WAN melalui jaringan dan terminal softwere emulasi. Membentuk routing synchronous artau asynchronous yang disupport dprotoko-protokol. Terkadang dipanggil network access server

Active Hub

Device multiport yang mampu memperkuat sinyal-sinyal transmisi LAN.

Adapter

Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.

Adempiere

Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM).

Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.

Nama 'adem' berasal dari bahasa Italia dengan arti untuk memenuhi 'to fulfill' tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas "to complete, reach, practice, perform the duties of, or free (discharge), it also means to honor and respect".

ADSL

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah DSL dengan konfigurasi asimetrik dirancang khusus untuk para pengguna internet, dimana laju muat-turun (down-stream) beberapa kali lebih cepat dari pada laju muat-naik (up-stream). Berbeda dengan layanan sambungan dering (dial-up) yang menggunakan pita-dasar dengan laju 56 s/d 128 kbps via modem analog, untuk dapat mengakses internet, layanan via ADSL menggunakan pita-lebar dengan laju 384 s/d 512 kbps via modem digital dengan laju maksimum 8.192 kbps (8 Mbps). Jangkauan ADSL tipikal adalah 2 km dari lokasi terminal ke kantor telepon. ADSL memungkinkan: suara atau fax, dan data (text dan graphics) beroperasi serentak menggunakan jalur berbeda pada hanya satu saluran telepon.

Address mapping
Sebuah teknik yang memungkinkan protokol-protokol berbeda malakukan interoperasi dengan mentranslasi address-address dari satu format ke format lainnya. Sebagai contoh, manakala routing IP melalui X.25, setiap IP address harus di-map ke address-address X.25 sehingga paket-paket IP dapat ditransmisikan oleh X.25 network.

Address mask
Merupakan kombinasi bit yang digunakan untuk menjelaskan porsi mana (dari sebuah address) yang mengacu ke network atau subnet, dan mana yang mengacu ke host. Terkadang cukup dipanggil mask.

AIGLX
AIGLX (akronim untuk "Accelerated Indirect GLX") adalah sebuah proyek open source yang didirikan yayasan X.Org Foundation dan komunitas Fedora Core Linux community untuk menyediakan kemampuan accelerated indirect GLX rendering untuk X.org dan DRI drivers. Hal ini memungkinkan klien X jarak jauh (remote) mendapatkan hardware accelerated rendering sepenuhnya memanfaatkan protokol GLX. AIGLX juga merupakan komponen yang dibutuhkan untuk menyediakan kinerja yang baik bila menggunakan OpenGL untuk mengkomposisi window manager, seperti pada Compiz atau Metacity.

AJAX
Ajax, singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML, adalah teknik pengembangan Web untuk memungkinkan aplikasi web yang interaktiv. Tujuannya adalah agar halaman web menjadi lebih resposiv karena jumlah pertukaran data dibelakang layar menjadi kecil, tanpa mendownload ulang seluruh halaman bila pengguna melakukan perubahan atau transaksi. Ini berarti peningkatan kecepatan, interaktiviti dan usabiliti.

Algorithm

Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

Anaconda
Anaconda (nama diambil dari nama sejenis ular: 'bull killer') adalah sebuah installer untuk Red Hat Linux dan Fedora Core. Ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan C, dilengkapi dengan antarmuka graphical frontend menggunakan PyGTK dan text frontend menggunakan python-newt. Sebuah file kickstart dapat digunakan untuk mengotomatisasi konfigurasi proses instalasi, memungkinkan pengguna menjalankannya tanpa supervisi.

ANSI.SYS

Device driver yang dapat diinstalasi, tersedia bagi pengguna komputer MS-DOS yang memungkinkan penggunaan instruksi ANSI (Urutan escape) untuk mengendalikan konsul (layar dan keyboard).

Apache
Apache HTTP Server adalah software open source untuk HTTP web server yang dijalankan di platform sistem Unix-like seperti BSD, Linux, dan UNIX, Microsoft Windows dan lainnya. Apache dikembangkan dan dipelihara oleh komunitas terbuka yang bergabung dengan Apache Software Foundation.

Mulanya, Apache sekedar open source alternative untuk Netscape web server (kini dikenal sebagai Sun ONE). Kemudian ia berkembang dengan pesat melampaui semua jenis Unix based HTTP server lainnya baik dalam hal fungsionalitas maupun kecepatan. Apache adalah HTTP server paling popular di Internet sejak April 1996 dan menguasai 57% pangsa pada bulan Mei 1999. Pada bulan August 2004 telah tercatat peningkatan menjadi 67%.

Apache piawai memiliki fitur 'highly configurable error messages, DBMS-based authentication databases, and content negotiation'. Didukung beberapa GUIs memudahkan konfigurasi dan lebih intuitif. Apache medukung fitur yang diimplementasikan sebagai modul ter-kompilasi mulai dari server-side programming language support sampai dengan authentication schemes. Sejumlah bahasa pemrograman yang lazim seperti Perl, Python, dan PHP didukung sepenuhnya.

Apache umumnya digunakan dalam satu paket popular LAMP (Linux Apache MySQL dan PHP/Perl/Python). Selain itu Apache juga dikemas bersama paket proprietari seperti Oracle database atau IBM WebSphere application server. Secara tak langsung juga didukung Borland dengan Kylix dan Delphi development tools.

API
Application Programming Interface (API) adalah antarmuka yang disediakan sebuah sistem komputer, library atau aplikasi agar memungungkinkan program lain untuk mendapatkan layanan dan /atau bertukar data. Tujuan lain dari API adalah untuk menjelaskan bagaimana pengembang dapat mengakses dan meanfaatkan fungsi (misalnya dari library) tanpa perlu mengetahui kode sumbernya maupun mempelajari cara kerjanya komponen fungsional atau library tersebut secara detil. Contoh: sebuah API misalnya menjelaskan tatacara bagaimana memanggil fungsi untuk menggambar sebuah icon dari library. Bila prosedur dijalankan maka program akan memanggil API (sebuah library) tersebut untuk menggambar icon yang ingin ditampilkan.

Tidak ada komentar: